MESIAS

PESAN GEMBALA

4 OKTOBER 2009

Edisi 94 Tahun 2

MESIAS

Shallom… Salam Miracle

Jemaat yang dikasihi Tuhan, kali ini kita belajar untuk mengerti tentang MESIAS.

Mesias memberikan terang dan harapan bagi umat manusia tentang masa depan yaitu kehidupan kekal. Mengapa bangsa Israel tidak bisa menerima Yesus sebagai Mesias? Hal ini dikarenakan bahwa pendapat mereka tentang Mesias adalah figure yang memberikan harapan di dunia ini dengan membebaskan negaranya, yang ketika itu adalah pembebasan dari penjajahan Romawi. Hal yang sama terjadi juga pada sebagian umat Kristen pengikut Nikolaus (jemaat Efesus), jemaat Tiatira, dan penganut kemakmuran yang menyatakan bahwa Mesias harus memberikan harapan di dunia sekarang yaitu hidup nyaman dengan fasilitas sorgawi.

Dalam 2 Yohanes 2:20-22 mengatakan demikian “Tetapi kamu telah beroleh pengurapan dari Yang Kudus, dan dengan demikian kamu semua mengetahuinya. Aku menulis kepadamu, bukan karena kamu tidak mengetahui kebenaran, tetapi justru karena kamu juga mengetahui, bahwa tidak ada dusta yang berasal dari kebenaran. Siapakah pendusta itu? Bukankah dia yang menyangkal bahwa Yesus adalah Kristus? Dia itu adalah antikristus, yaitu dia yang menyangkal baik Bapa maupun Anak.”

Saudara, antikristus itu sudah ada sejak zaman dahulu, Paulus menuliskan bahwa mereka memberitakan Injil untuk kepentingan diri sendiri, untuk perut merekam dengan maksud perselisihan dan iri hati, maksud tidak ikhlas yaitu hati tidak murni mencari dan mengejar upah (Filipi 1:14-17). Mereka para antikristus itu juga berasal dari orang-orang Kristen, dengan ciri-ciri tidak ada kesungguhan dalam mengikut Kristus dan penderitaanNya sebagai Kristus atau Mesias. Mereka menghina segala bentuk kesengsaraan dan penderitaan dan menganggap remeh sangkal diri dan pikul salib. Mereka itulah antikristus atau anti Mesias, mereka menganggap penderitaan akibat sangkal diri dan pikul salib adalah kebodohan.

1 Korintus 1:22-25,”… Orang-orang Yahudi menghendaki tanda dan orang-orang Yunani mencari hikmat, tetapi kami memberitakan Kristus yang disalibkan: untuk orang-orang Yahudi suatu batu sandungan dan orang-orang bukan Yahudi suatu kebodohan, tetapi untuk mereka yang dipanggil, baik orang Yahudi, maupun orang bukan Yahudi, Kristus adalah kekuatan Allah dan hikmat Allah. Sebab yang bodoh dari Allah lebih besar hikmatnya daripada manusia dan yang lemah dari Allah lebih kuat dari manusia.”

Mesias bagi bangsa Yahudi adalah Mesias yang datang sebagai raja dengan kebesaran, kekuatan, perubahan hidup dan sebagainya. Pada saatnya nanti Yesus akan datang sebagai Kristus atau Mesias yang berkuasa, dan itulah Mesias yang datang kedua kalinya bagi umat Kristen. Yesus akan datang sebagai Mesias yang kedua kalinya sebagai raja, pemenang, pemerintah, penguasa, kuat dan memberi upah dan kententraman hidup dan para pengikutnya akan ikut memerintah.

Iblis memberikan penafsiran terbalik dengan pengertian kedatangan Mesias pertama dan kedua, sehingga membuat umat kristen mandul untuk menyelamatkan jiwa-jiwa. Mesias pertama membawa manusia untuk diselamatkan melalui penderitaan dan kesengsaraanNya, sehingga sebagai umat tebusan seharusnya bekerja bagi kerajaanNya dan berani menderita. Sedangkan Mesias yang datang kedua kalinya memberikan pemerintahan, upah bagi yang menderita dan berkorban oleh karena namaNya.Mesias atau Kristus atau AL MASIH adalah utusan yang diurapi dari tempat yang maha tinggi, suatu urapan yang berbentuk penderitaan, kesengsaraan, sangkal diri, dan pikul salib. Kristen adalah nama sebutan pengikut Kristus yang sengaja dipilih oleh para rasul dan muris Yesus Kristus. Hal ini untuk menekankan bahwa mereka percaya pada Yesus sebagai Kristus yang datang ke dunia untuk menyelamatkan umat manusia dengan cara menebusnya di kayu salib, sekaligus mereka siap menderita untuk Kristus. Filipi 3:19 “Kesudahan mereka ialah kebinasaan, Tuhan mereka adalah perut mereka, kemuliaan mereka adalah aib mereka, pikiran mereka semata-mata tertuju kepada perkara duniawi.”

Mereka akan menterjemaahkan semua ayat menurut pandangan dan cara dunia memandang, sehingga mereka tidak memahami arti dan tujuan Mesias yang datang pertama ke dunia ini. Mesias mengajarkan ketaatan dan pengorbanan. Bagaimana bisa disebut taat, jikalau dalam hidupnya ada motivasi untuk supaya diberkati? Beribadah, berrdoa, memberikan persepuluhan dengan maksud mendapatkan berkat lebih?

Kesaksian tentang Mesias banyak dilakukan oleh para rasul, sehingga banyak orang yang menyerahkan diri dan menjadi Kristen. Para rasul mengajarkan banyak hal tentang Mesias dan kehidupan yang benar, sehingga banyak orang menjadi percaya. Jikalau seseorang mengerti dan tahu tentang Mesias dengan benar, otomatis cara hidupnya akan menjadi baik, ia selalu mengamalkan kebenaran dalam hidupnya.

(BERSAMBUNG)

Tuhan Yesus memberkati kita semua… Amien.

Gembala Sidang,

Pdt.Ir. Joko Susanto, MA

Iklan

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: