CARA ALLAH BEKERJA

Selasa, 30 Maret 2010

Bacaan : Ayub 42:7-17

42:7. Setelah TUHAN mengucapkan firman itu kepada Ayub, maka firman TUHAN kepada Elifas, orang Teman: “Murka-Ku menyala terhadap engkau dan terhadap kedua sahabatmu, karena kamu tidak berkata benar tentang Aku seperti hamba-Ku Ayub.

42:8 Oleh sebab itu, ambillah tujuh ekor lembu jantan dan tujuh ekor domba jantan dan pergilah kepada hamba-Ku Ayub, lalu persembahkanlah semuanya itu sebagai korban bakaran untuk dirimu, dan baiklah hamba-Ku Ayub meminta doa untuk kamu, karena hanya permintaannyalah yang akan Kuterima, supaya Aku tidak melakukan aniaya terhadap kamu, sebab kamu tidak berkata benar tentang Aku seperti hamba-Ku Ayub.”

42:9 Maka pergilah Elifas, orang Teman, Bildad, orang Suah, dan Zofar, orang Naama, lalu mereka melakukan seperti apa yang difirmankan TUHAN kepada mereka. Dan TUHAN menerima permintaan Ayub.

42:10. Lalu TUHAN memulihkan keadaan Ayub, setelah ia meminta doa untuk sahabat-sahabatnya, dan TUHAN memberikan kepada Ayub dua kali lipat dari segala kepunyaannya dahulu.

42:11 Kemudian datanglah kepadanya semua saudaranya laki-laki dan perempuan dan semua kenalannya yang lama, dan makan bersama-sama dengan dia di rumahnya. Mereka menyatakan turut berdukacita dan menghibur dia oleh karena segala malapetaka yang telah ditimpakan TUHAN kepadanya, dan mereka masing-masing memberi dia uang satu kesita dan sebuah cincin emas.

42:12 TUHAN memberkati Ayub dalam hidupnya yang selanjutnya lebih dari pada dalam hidupnya yang dahulu; ia mendapat empat belas ribu ekor kambing domba, dan enam ribu unta, seribu pasang lembu, dan seribu ekor keledai betina.

42:13 Ia juga mendapat tujuh orang anak laki-laki dan tiga orang anak perempuan;

42:14 dan anak perempuan yang pertama diberinya nama Yemima, yang kedua Kezia dan yang ketiga Kerenhapukh.

42:15 Di seluruh negeri tidak terdapat perempuan yang secantik anak-anak Ayub, dan mereka diberi ayahnya milik pusaka di tengah-tengah saudara-saudaranya laki-laki.

42:16 Sesudah itu Ayub masih hidup seratus empat puluh tahun lamanya; ia melihat anak-anaknya dan cucu-cucunya sampai keturunan yang keempat.

42:17 Maka matilah Ayub, tua dan lanjut umur.

CARA ALLAH BEKERJA

Kadangkala ada situasi yang tidak kita harapkan tiba-tiba berubah menjadi menyenangkan. Maka bisa kita sebut “hadiah kecil” pada hari itu. Suatu kali saya sedang mengetik naskah di komputer. Saat saya asyik mengetik, tiba-tiba anak pertama saya berteriak dari dalam kamar, “Bu, bantu aku dong menarik ranjang ini. Aku mau mengambil anak panahku yang jatuh terselip di bawah ranjang.”

Karena sedang fokus di depan komputer, saya enggan memenuhi permintaannya. Namun, saya tidak tega juga membiarkannya. Saya pun meninggalkan komputer, masuk ke kamar, dan membantunya mencari anak panahnya. Dan ternyata ada “hadiah” yang saya peroleh. Flashdisk suami saya yang hilang dan sedang dicari-cari rupanya juga terjatuh di bawah ranjang kami. Tadi pagi sewaktu berangkat kerja, suami saya masih mengingatkan saya untuk mencari flashdisk-nya yang hilang. Kini, sekali tarik ranjang, dua barang ketemu. Hadiah lainnya, saya dapat satu ide lagi untuk menulis.

Tuhan kerap melakukan hal-hal di luar perhitungan kita. Dalam kasus besar, seperti yang dialami oleh Ayub. Pernah dalam suatu masa di hidupnya, harta benda, bahkan anak-anak dan kesehatannya, hilang lenyap. Namun Ayub tidak goyah. Ia tetap bertahan dalam imannya. Di kemudian hari, Tuhan memulihkan keadaannya dua kali lipat (ayat 10). Ya, cara Tuhan bekerja memang ajaib.

Maka bila sesuatu yang tidak kita harapkan terjadi; entah dalam perkara sederhana seperti yang saya alami, atau berkenaan dengan perkara besar seperti yang Ayub alami, jangan mengeluh. Jalani dengan iman. Siapa tahu di sana Tuhan telah menyiapkan “berkat” buat kita-JLR

DI BALIK YANG TIDAK KITA HARAPKAN

TIDAK JARANG TERSEMBUNYI BERKAT

Sumber : http://www.sabda.org


Iklan

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: